Waspadai Hewan Saat Snorkeling

Dipublikasikan oleh admin pada

Snorkeling menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati keindahan alam bawah laut dan keragaman biota yang hidup di dalamnya. Berbeda dengan diving, kita tak harus mengantongi sertifikat untuk snorkeling. Resikonya relatif lebih kecil karena snorkeling hanya di permukaan dan jika harus menyelam pun tak begitu dalam. Meski begitu, bukan berarti snorkeling benar-benar bebas resiko. “Selain arus bawah (laut), ada hewan-hewan laut berbahaya yang harus kita  waspadai saat snorkeling,” ujar Mas mamad Pengelola Wisata Snorkeling Gili ketapang atau kerap disapa Ipung, pemandu wisata Pulau Pahawang, Lampung. Ia menyebutkan, beberapa hewan laut yang harus diwaspadai antara lain bulu babi, ikan batu, pari, ubur-ubur, bulu seribu dan ular laut. Berikut ulasannya:

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

Landak laut atau disebut juga bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan. Binatang ini terbagi menjadi sekitar 950 spesies dan dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5.000 meter

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

  • Anemon Laut

Lautan di dunia mememiliki lebih dari 1.000 spesies Anemon laut yang sangat beragam. Anemon laut yang berukuran besar biasanya dapat ditemukan di pesisir perairan tropis. Mereka memiliki berbagai macam warna, dan ukuran diameternya berkisar antara setengah inchi hingga lebih dari enam meter.

Ciri-ciri fisik mereka adalah memiliki mulut ditengah dan dikelilingi tentakel yang dapat menyengat. Dari pendapat umum yang paling populer, Anemon laut adalah binatang. Anemon laut adalah binatang dari kelas Anthozoa. Anthozoa sendiri adalah kelas/class dari anggota binatang tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidari

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa Anemon laut diklasifikasikan sebagai setengah binatang dan setengah tumbuhan. Anemon laut diklasifikasikan sebagai binatang karena DNA yang dimilikinya mirip dengan vertebrata. Mereka juga mencari makan/mangsa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak memiliki dinding sel. (Masih ingatkan pelajaran biologi tentang sel hewan dan tumbuhan. Namun, microRNA mereka memiliki kesamaan dengan tumbuhan dan binatang. Ini menunjukkan bahwa microRNAnya mungkin mengalami evolusi. Kamu bisa membuka referensi berikut ini untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, kenapa Anemon laut disebut setengah tumbuhan dan setengah binatang :

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

  • LIONFISH

Dangerously beautiful, mungkin memang paling cocok disematkan sebagai julukan bagi ikan cantik yang satu ini, lion fish. Ikan singa atau lion fish ini tampilannya memang sangat memukau. Bagaimana tidak, duri sirip yang mengembang ketika merasa terancam atau berburu, membuatnya kecantikannya semakin menonjol. Sehingga tak heran, bagi orang awam, timbul keinginan untuk memegangnya.

Tetapi seperti julukannya tadi, walaupun terlihat sangat cantik, jangan sekali-sekali mencoba menyentuh atau bahkan memegang ikan ini, bisa fatal akibatnya. Di setiap duri sirip si ikan singa mengandung racun yang cukup berbahaya. Apabila manusia yang tersengat, bisa menyebabkan demam dan luka yang cukup fatal. Racun di duri lion fish ini murni bersifat defensif, artinya dia tidak dengan sengaja menusukkan racunnya ke tubuh mangsa atau mahluk lainnya. Racunnya hanya dipakai untuk bertahan atau dalam keadaan memaksa.

Pterois adalah genus ikan laut berbisa, yang umumnya dikenal sebagai lionfish, atau ikan singa. Ikan ini memang ikan asli Indo-Pasifik. Ikan yang juga punya nama zebrafish, firefish, turkeyfish atau butterfly-cod. Ikan ini mempunyai ukuran yang berkisar antara 5 sampai 45 cm.

Mereka terkenal dengan keindahan hiasan mereka, duri berbisa, dan tentakel yang unik. bahkan Juvenile lionfish memiliki tentakel unik yang terletak di atas soket mata, yang bervariasi dalam fenotipe antar spesies. Evolusi tentakel ini, juga digunakan untuk menarik mangsanya.

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

Waspadai Hewan Saat Snorkeling

 

Tami Jangan kwatir kak untuk mengetahui hewan tersebut kami menyiapkan pemandu liburan anda ke gili ketapang………………………….!!!!!

Paket Murah Gili Ketapang

Paket murah ke gili ketapang hanya 90k/pack sudah mendapatkan  transportasi Kapal PP, Snorkeling set, Pelampung, Makan Siang, Air mineral, Foto underwater, Resh Area, Pengawas snorkeling, Guide, Asuransi, P3K, Basecamp (bagi yg nyampek malem)

Paket Murah ke Gili Ketapang

INTERARY
Start 05.30 s/d 10.30 (kondisional)

  • meeting point di pelabuhan tanjung tembaga lama kota probolinggo
  • Perjalanan ke pulau gili ketapang selama 30 menit
  • Tiba di pantai gili ketapang Menuju Rest Area (di pandu oleh Guide)
  • Rest sejenak -Foto- foto di hamparan pasir putih di pinggir pantai -Ganti baju, di rest area
  • Latihan snorkling  di pinggir pantai – menuju Snorkling spot 1 snorkling
  • spot 2 selatan (kondisional)
  • bilas + makan siang + kirim foto (di Rest area)
  • Trip selesai

Reservasi & Booking

085231909991 

Instagram. @pantaigiliketapang

Pilihan Paket Wisata
Waspadai Hewan Saat Snorkeling